ALFRED SALEH

 
SELAMAT DATANG
SEBUAH PUISI
Cintaku ada disaat perbedaan terlahir
Indahnya pelangi tak mampu menjembatani jurang yang dalam
Keinginan yang dibumbui harapan adalah melati angan-angan
yang tak kau mengerti dan teringkari

Hati yang biru telah terbahasakan
jalan yang membawa kodrat alamiah terhalangi prinsip hidup
Tirai Takdir mengakhiri suatu janji
Hitam atau putih tak bisa di pastikan menjadi terang

(amy onansa 130397).
DOWNLOAD
Renstra Dinas Kesehatan Prov.Gtlo
Lampiran Renstra
Kontrak Kinerja 
Lampiran Kontrak Kinerja
Other things
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Duis ligula lorem, consequat eget, tristique nec, auctor quis, purus. Vivamus ut sem. Fusce aliquam nunc vitae purus.
Other things
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Duis ligula lorem, consequat eget, tristique nec, auctor quis, purus. Vivamus ut sem. Fusce aliquam nunc vitae purus.
APA DAN BAGAIMANA SISTEM INFORMASI KESEHATAN
Saturday, March 24, 2007

Kalimat diatas kadang selalu menggelitik kita semua, memang banyak teori yang dapat menjawab apa itu Sistem Informasi Kesehatan, bagaimana Sistem Informasi Kesehatan dan darimana kita memulainya, tapi dalam prakteknya tidak mudah untuk melaksanakannya, banyak aspek yang mempengaruhinya sehingga hal tersebut membuat banyak Sistem Informasi Kesehatan tidak berjalan sesuai dengan keinginan kita, atau lebih parah lagi kita betul-betul tidak tahu sama sekali terhadap pertanyaan diatas.

Saya pernah bertanya pada teman, menurut anda apa itu Sistem Informasi, dan apa yang anda lakukan jika anda diminta untuk membangun sistem informasi, dia menjawab ”kalau menurut saya Sistem Informasi adalah bagaimana saya bisa menyatukan data-data di masing-masing pemegang program dan untuk membangun sistem informasi saya cukup membuat jaringan Local Area Network di kantor, sehingga saya tidak perlu jalan dan meminta data dimasing-masing program untuk memenuhi permintaan data dan informasi baik itu dari Dinas Kesehatan Provinsi, Pememerintah Daerah, atau Kepala Dinas untuk pengambilan keputusan, Semua data yang ada di program tersimpan dalam satu server sehingga saya mudah untuk mengambilnya”.

Jawaban itu terus saya pikirkan APA HANYA SEBATAS ITU SISTEM INFORMASI KESEHATAN????, mungkin Sistem Informasi Kesehatan menurut dia hanya sebatas itu dan sesederhana itu, karena hanya itu kebutuhannya, bagaimana dia Bisa memberikan data dan informasi sesuai permintaan.

Dari beberapa buku saya baca, saya menyimpulkan dalam pembangunan suatu sistem kita minimal melakukan Studi kelayakan, Rencana pendahuluan, analisa sistem, desian/merancang sistem, implementasi dan evaluasi, serta dihubungkan dengan dengan jawaban teman saya atas pertanyaan yang saya lontarkan saya merasa terlalu jauh perbedaannya dengan teori-teori pemabangunan Sistem Informasi.

Kembali saya bertanya pada diri saya sendiri apa pemahaman saya terhadap Sistem Informasi Kesehatan belum terlalu dalam, atau jawaban teman saya itu terlalu sederhana, atau memang di Indonesia ini BELUM ADA MODEL/PATRON YANG JELAS untuk pembangunan Sistem Informasi Kesehatan, dan jika pemahaman saya yang salah dan pemahaman teman saya yang sesederhana itu dimiliki oleh semua orang dijajaran kesehatan serta Belum ada model/patron yang jelas tentang Pembangunan Sistem Informasi Kesehatan maka sampai kapan pun Pembangunan Sistem Informasi Kesehatan tidak akan berhasil.

posted by Anonymous @ 12:17 AM  
0 Comments:
Post a Comment
<< Home
 
About Me

Name:
Home:
About Me:
See my complete profile
Previous Post
Archives
Links
Powered by

Free Blogger Templates

BLOGGER

© 2005 ALFRED SALEH Template by klik saja ya